Rabu, 10 Juni 2009

DIMENSI KOGNITIF DALAM TAKSONOMI BLOOM

DIMENSI KOGNITIF DALAM TAKSONOMI BLOOM

YANG TELAH DIREVISI

KATEGORI

KETERANGAN

ARTI DAN CONTOH

C-1 Mengingat

Mengingat kembali pengetahuan yang pernah tersimpan

C-1.1 Rekognisi

mengidentifikasi

Tanggal berapakah hari kemerdekaan Indonesia

C-1.2 Mengungkap kembali

Mengingat apa tang pernah diingat sebelumnya

Mengingat kembali peristiwa masa kecil

C-2 Memahami

Membangun makna dan pesan pembelajaran baik dari pesan verbal, tertulis maupun grafis

C-2.1 Menafsirkan

Mengklarifikasikan

Mengubah dari bentuk sajian, misalnya numerik ke sajian verbal atau menguraikan dengan bahasan sendiri atas aspek penting dalam dokumen

C-2.2 Mencontohkan

Mengilustrasikan

Menemukan contoh khusus atau ilustrasi dari konsep atau prinsip

C-2.3 Mengelompokkan dan mengklasifikasikan

Engkategorikan, menggolongkan atau memasukkan

Menentukan apakah sesuatu termasuk dalam kategorinya, mengelompokkan apa yang telah diobservasi atau menggambarkan sesuatu

C-2.4 Menyimulkan, meringkas

Mengabstraksikan, menggeneralisir

Mengabstraksikan dalam tema umum misalnya juga menurut secara ringkas dalam bentuk kesimpulan

C-2.5 Melakukan pendugaan, hipotesa, memberikan pendapat, menyimpulkan

Membuat kesimpulan, melakukan ekstrapolasi dan melakukan prediksi

Misalnya membuat kesimpulan secara logis dari sebuah sajian materi

C-2.6 Membuat perbandingan

Membuat hal yang berlawanan/sebaliknya, melakukan pemetaan, membuat keterkaitan

Mislanya mendeteksi keterkaitan hubungan antara dua ide, obyek dan sejenisnya (melakukan perbandingan peristiwa sejarah dengan situasi sekarang)

C-2.7 Memberikan penjelasan

Mengkonstruksi dan membuat model

Membuat model sistem sebab akibat dan misalnya memberikan penjelasan tentang penyebab terjadinya runtuhnya orba

C-3 Penerapan

Mencoba atau menggunakan prosedur untuk situasi yang telah ditentukan

C-3.1 Mengeksekusi

Membawa, mengadakan, menyelesaikan dan mengamalkan

Misalnya dapat menerapkan prosedur tugas secara mudah

C-3.2 Mengimplementasikan

Menggunakan

Misalnya menerapkan prosedur tugas yang tidak familiar

C-4 Analisis

Menguraikan bahan/materi kedalam berbagai bagiannya dan menentukan bagaimana antar bagian terkait satu dengan lainnya serta bagaimana keseluruhan terpadu dalam mencapai tujuan

C-4.1 Membedakan

Diskriminasi, membedakan, memfokuskan dan pemilihan

Membedakan antara bagian yang penting dengan bagian yang tidak penting atau yang tidak relevan dengan yang relevan

C-4.2 Menyusun, menata, mempertalikan, melengkapkan

Menemukan, mengkaitkan, memadukan, mengoutline, mengurai, menstrukturkan/dekonstruksi

Misalnya penentuan bagaimana caranya untuk membuat sesuai antara bagian-bagian dalam struktur

C-5 Mengevaluasi

Membuat penilaian sesuatu berdasarkan standar atau kriteria

C-5.1 Melakukan Checking

Melakukan koordinasi, melakukan deteksi, memonitoring dan melakukan testing atau membuat hipotesisi

Mendeteksi adanya ketidakkonsistenan, kepalsuan dalam sebuah proses atau produk, menentukan apakah dalam sebuah proses dan produk mempunyai konsistensi internal, melakukan tes apakah sebuah prosedur efektif dalam penerapan

C-5.2 Melakukan Kritik

Memberikan penilaian

Mendeteksi apakah produk dengan kriteria eksternal ada ketidakkonsistenan, menilai apakah antara prosedur dengan pokok masalah ada kesesuaian

C-6 Mencipta

Mengumpulkan perbagian untuk menghasilkan bentuk yang berfungsi sebagai keutuhan atau mengorganisasikan kembali unsur-unsur menjadi bangunan yang baru

C-6.1 Menggeneralisir

Membuat hipotesis

Menyajikan hipotesis dengan berbagai alternatif berdasarkan kriteria yang berbeda-beda, misalnya menghasilkan hipotesisberdasarkan data atau fenomena yang berhasil di observasi

C-6.2 Membuat perencanaan

Mendesain produk

Membuat alat atau prosedur dalam kerangka menyelesaikan tugas atau membuat perencanaan riset untuk judul tertentu

C-6.3 Menghasilkan produk

Me-konstruksi

Menemukan produk misalnya membuat habitat untuk tujuan khusus




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adsense ads


ShoutMix chat widget

Add your FEED icons here