DIMENSI KOGNITIF DALAM TAKSONOMI BLOOM
YANG TELAH DIREVISI
KATEGORI | KETERANGAN | ARTI DAN CONTOH |
C-1 Mengingat | ||
Mengingat kembali pengetahuan yang pernah tersimpan | ||
C-1.1 Rekognisi | mengidentifikasi | Tanggal berapakah hari kemerdekaan Indonesia |
C-1.2 Mengungkap kembali | Mengingat apa tang pernah diingat sebelumnya | Mengingat kembali peristiwa masa kecil |
C-2 Memahami | ||
Membangun makna dan pesan pembelajaran baik dari pesan verbal, tertulis maupun grafis | ||
C-2.1 Menafsirkan | Mengklarifikasikan | Mengubah dari bentuk sajian, misalnya numerik ke sajian verbal atau menguraikan dengan bahasan sendiri atas aspek penting dalam dokumen |
C-2.2 Mencontohkan | Mengilustrasikan | Menemukan contoh khusus atau ilustrasi dari konsep atau prinsip |
C-2.3 Mengelompokkan dan mengklasifikasikan | Engkategorikan, menggolongkan atau memasukkan | Menentukan apakah sesuatu termasuk dalam kategorinya, mengelompokkan apa yang telah diobservasi atau menggambarkan sesuatu |
C-2.4 Menyimulkan, meringkas | Mengabstraksikan, menggeneralisir | Mengabstraksikan dalam tema umum misalnya juga menurut secara ringkas dalam bentuk kesimpulan |
C-2.5 Melakukan pendugaan, hipotesa, memberikan pendapat, menyimpulkan | Membuat kesimpulan, melakukan ekstrapolasi dan melakukan prediksi | Misalnya membuat kesimpulan secara logis dari sebuah sajian materi |
C-2.6 Membuat perbandingan | Membuat hal yang berlawanan/sebaliknya, melakukan pemetaan, membuat keterkaitan | Mislanya mendeteksi keterkaitan hubungan antara dua ide, obyek dan sejenisnya (melakukan perbandingan peristiwa sejarah dengan situasi sekarang) |
C-2.7 Memberikan penjelasan | Mengkonstruksi dan membuat model | Membuat model sistem sebab akibat dan misalnya memberikan penjelasan tentang penyebab terjadinya runtuhnya orba |
C-3 Penerapan | ||
Mencoba atau menggunakan prosedur untuk situasi yang telah ditentukan | ||
C-3.1 Mengeksekusi | Membawa, mengadakan, menyelesaikan dan mengamalkan | Misalnya dapat menerapkan prosedur tugas secara mudah |
C-3.2 Mengimplementasikan | Menggunakan | Misalnya menerapkan prosedur tugas yang tidak familiar |
C-4 Analisis | ||
Menguraikan bahan/materi kedalam berbagai bagiannya dan menentukan bagaimana antar bagian terkait satu dengan lainnya serta bagaimana keseluruhan terpadu dalam mencapai tujuan | ||
C-4.1 Membedakan | Diskriminasi, membedakan, memfokuskan dan pemilihan | Membedakan antara bagian yang penting dengan bagian yang tidak penting atau yang tidak relevan dengan yang relevan |
C-4.2 Menyusun, menata, mempertalikan, melengkapkan | Menemukan, mengkaitkan, memadukan, mengoutline, mengurai, menstrukturkan/dekonstruksi | Misalnya penentuan bagaimana caranya untuk membuat sesuai antara bagian-bagian dalam struktur |
C-5 Mengevaluasi | ||
Membuat penilaian sesuatu berdasarkan standar atau kriteria | ||
C-5.1 Melakukan Checking | Melakukan koordinasi, melakukan deteksi, memonitoring dan melakukan testing atau membuat hipotesisi | Mendeteksi adanya ketidakkonsistenan, kepalsuan dalam sebuah proses atau produk, menentukan apakah dalam sebuah proses dan produk mempunyai konsistensi internal, melakukan tes apakah sebuah prosedur efektif dalam penerapan |
C-5.2 Melakukan Kritik | Memberikan penilaian | Mendeteksi apakah produk dengan kriteria eksternal ada ketidakkonsistenan, menilai apakah antara prosedur dengan pokok masalah ada kesesuaian |
C-6 Mencipta | ||
Mengumpulkan perbagian untuk menghasilkan bentuk yang berfungsi sebagai keutuhan atau mengorganisasikan kembali unsur-unsur menjadi bangunan yang baru | ||
C-6.1 Menggeneralisir | Membuat hipotesis | Menyajikan hipotesis dengan berbagai alternatif berdasarkan kriteria yang berbeda-beda, misalnya menghasilkan hipotesisberdasarkan data atau fenomena yang berhasil di observasi |
C-6.2 Membuat perencanaan | Mendesain produk | Membuat alat atau prosedur dalam kerangka menyelesaikan tugas atau membuat perencanaan riset untuk judul tertentu |
C-6.3 Menghasilkan produk | Me-konstruksi | Menemukan produk misalnya membuat habitat untuk tujuan khusus |
| | |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar