Kamis, 07 Mei 2009

MEMAKSIMALKAN METODE CERAMAH DI KELAS


FORUM GURU

MEMAKSIMALKAN METODE CERAMAH DI KELAS

Dalam proses kegiatan belajar mengajar, metode yang paling sering dilakukan oleh guru adalah metode ceramah. Hal ini disebabkan karena ada beberapa hal yang membuat metode ceramah menjadi “favorit” bagi guru, yaitu sangat simpel, mudah dilakukan, persiapan yang pendek dan budaya pendidikan Indonesia secara umum masih didominasi oleh guru sebagai subyek belajar dan siswa menjadi obyek belajar.

Tapi metode ini pun mengandung banyak kelemahan, seperti membuat siswa mudah jenuh, guru lebih cepat capek dan materi yang disampaikan menjadi monoton. Oleh karena itu, ketika akan menggunakan metode ceramah guru harus mampu memiliki beberapa keterampilan sehingga penyampaian materi dengan ceramah menjadi lebih efektif dan efisien.

Beberapa keterampilan yang harus dimiliki siswa adalah kemam[uan vokal yang prima, memiliki rasa humor yang tinggi, mampu membangkitkan minat siswa dengan intonasi dan mimik wajah yang ekspresif atau mampu membangun suasana yang menyenangkan sehingga siswa tertarik untuk mendengarkannya.

Untuk itu ada beberapa trik yang bisa dilakukan guru untuk memaksimalkan ceramah sebagai metode pembelajaran, diantaranya :

Bangkitkan minat siswa dengan :

  1. Memaparkan kisah atau tayangan yang menarik. Yang dimaksud dengan menarik adalah dekat dengan kehidupan siswa, sedang menjadi berita di berbagai media massa, ganjil atau spektakuler.
  2. Ajukan soal cerita yang menarik dan berhubungan dengan materi yang akan di sampaikan di awal pembelajaran
  3. Berikan pertanyaan menguji di tengah penyampaian materi sehingga siswa tertarik dalam mendengarkan paparan materi

Tingkatkan pemahaman dan ingatan siswa melalui :

  1. Susunlah kembali materi pokok yang disampaikan di papan tulis sebagai kata kunci bagi siswa untuk mengingat seluruh uraian
  2. Berikan analogi dan contoh yang menarik dan mudah diingat siswa, misalnya bagaimana usaha yang dilakukan beberapa siswa dalam meminta uang tambahan kepada orangtua untuk menganalogikan mengapa kita harus belajar ekonomi.
  3. Siapkan materi visual. Sehebat apapun guru dalam menerangkan tetaplah membutuhkan media untuk menarik minat siswa, misalnya dengan buku berisi gambar-gambar menarik tentang evolusi manusia ketika belajar biologi atau sejarah manusia.

Melibatkan siswa selama ceramah dengan :

  1. Melakukan tantangan kecil dengan memberikan pertanyaan di tengah ceramah atau meminta contoh dari uraian menurut sudut pandang siswa.
  2. Membuat latihan dengan memberikan tabel dan format isian yang berisi materi pokok atau pertanyaan tentang materiyang sedang disampaikan.

Memperkuat ingatan siswa dengan :

  1. Memberikan soal yang berisi penerapan atau aplikasi dalam kehidupan mereka sehari-hari
  2. Memberikan kesempatan bertanya yang kemudian diterangkan atau dijawab oleh siswa yang lain.

Uraian diatas bukanlah pembenaran dari metoe yang digunakan karena pada hakekatnya guru harus mampu menggabungkan semua metode yang terbaik bagi siswa. Materi ceramah akan menjadi efektif apabila materi yang disampaikan memang cocok sehingga tidak semua materi dapat disampaikan dengan ceramah. Semoga tulisan ini dapat meningkatkan kemampuan siswa untuk menyimak materi dan memudahkan guru dalam melakukan metode ceramah.

Imam Wibawa Mukti,S.Pd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adsense ads


ShoutMix chat widget

Add your FEED icons here